Saturday, December 17, 2016

Cari Jodoh, Muda Mudi di Bulgaria di Pasar Pengantin

Pasar' unik ini terjadi empat kali dalam tahun. Bukan barang yang diperjualbelikan di sini layaknya pasar biasa, tetapi ajang bagi muda-mudi dari kalangan keluarga kurang mampu di Bulgaria untuk mencari jodoh.
Bride market atau pasar pengantin perempuan diselenggarakan di Stara Zagora, Bulgaria. Sejumlah wanita muda berdandan semenarik mungkin dan berparade bersama untuk menarik perhatian pengunjung, terutama lelaki muda. Sebagian mengenakan gaun seksi, berdandan memakai maskara, perhiasan, high heels atau rok mini.


Seperti yang dirilis Dailymail, para keluarga yang berkumpul di Stara Zagora itu berasal dari komunitas Kalaidzhi Roma. Secara tradisonal, mereka biasanya berprofesi sebagai tukang tempa tembaga.
Kebanyakan dari komunitas Kalaidzhi Roma di wilayah tersebut hidup dalam kemiskinan. Dengan pasar pengantin itu, mereka berharap dapat menikahkan putera-puterinya dengan biaya yang lebih hemat. Hal ini akan membantu mereka menghadapi musim kemunduran ekonomi di Bulgaria.

Pasar pengantin itu diselenggarakan empat tahun sekali bertepatan dengan hari-hari besar keagamaan. Biasanya di musim semi dan musim panas. Di ajang tersebut keluarga-keluarga di wilayah itu bertemu. Tak hanya untuk bertukar cerita, tetapi juga kesempatan mencarikan jodoh bagi putera-puterinya.

Komunitas Kalaidzhi sebagian besar adalah penganut Kristen Orthodok yang sangat taat. Anak-anak gadis yang sudah berusia 15, akan berhenti sekolah. Orangtua sengaja menarik anak gadisnya dari kehidupan sosial umum untuk melindungi mereka dari pergaulan bebas yang banyak ditemui di masa kini.
Tak mudah bagi para remaja ini bertemu dengan lawan jenis. Biasanya, mereka hanya mencari teman dan berkomunikasi lewat internet. Pasar pengantin berlangsung mirip acara dansa di sekolah-sekolah barat. Sekelompok remaja laki-laki dan perempuan bertemu, berjabat tangan dan berbincang. Sementara itu orangtua mereka memantau dari jauh.
Jika muda mudi ini merasa cocok dan ingin menikah, orangtua akan bernegosiasi berapa biaya yang harus dibayarkan keluarga pria. Biasanya biaya untuk seorang pengantin perempuan berkisar 5.000 sampai 10.000 lev, turun beberapa tahun belakangan menyesuaikan kondisi ekonomi karena lapangan pekerjaan yang sepi.
Pesta pernikahan pun lebih sederhana. Namun harga untuk wanita yang sangat cantik masih tinggi. Bride market ini sudah ada selama beberapa generasi.

No comments:

Post a Comment